Saturday, May 07, 2005

Sumberdaya Manusia TI

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki jumlah penduduk yang cukup besar. Dengan demikian negara ini kaya akan potensi sumberdaya manusia di segala bidang. Tak terkecuali sumberdaya manusia di bidang teknologi informasi. Kalau kita perhatikan, berapa banyak pengguruan tinggi yang memiliki fakultas, jurusan, atau bahkan sekolah tinggi yang khusus untuk bidang TI. Begitu banyak lulusan dari perguruan tinggi tersebut setiap tahun bahkan setiap semesternya. Mulai dari gelar diploma, sarjana, master, maupun doktor bisa diperoleh di dalam negeri. Belum lagi sertifikasi berbagai bidang keahlian TI yang banyak tersedia.

Apakah orang Indonesia memiliki sumber daya TI yang memadai? Menurut saya, banyak sekali orang-orang TI yang bahkan memiliki kepakaran tertentu di negeri ini. Memang belum begitu mendunia seperti orang-orang India atau Cina. Tapi saya yakin, orang Indonesia pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Coba saja sambangi milis-milis berbau TI. Dari sana kita bisa menyimpulkan, meski tidak akurat, bahwa ternyata banyak orang Indonesia yang jago TI. Tinggal lagi masalah peluang dan kesempatan.

Suatu saat, sumberdaya manusia TI Indonesia pasti juga akan mendunia. Peran pemerintah juga sangat diperlukan untuk mendorong kemajuan dan pemberdayaan di bidang ini.

No comments: