Sunday, May 29, 2005

Pengisi Daya Nirkabel

Sekitar dua tahun yang lalu, saya membayangkan suatu saat orang akan membuat pengisi daya nirkabel (charger) dan sumber daya nirkabel. Wacana ini saya bicarakan dengan teman-teman dalam obrolan 'warung kopi' yang sering kami lakukan pada istrirahat makan siang atau di pelataran mesjid sebelum shalat. Teman-teman saya hanya tersenyum dan memberikan komentar singkat. Mungkin mereka sudah maklum saja karena saya seringkali membicarakan ide-ide 'gila' sambil setengah berguyon.

Pagi ini, pikiran tersebut terlintas lagi di benak saya. Sambil mengisap rokok (maaf, lupa disensor - merokok tidak baik untuk kesehatan) dan mendengarkan lantunan 'Dazed and Confused'-nya Led Zeppelin lewat Yahoo!LAUNCHcast Radio, saya buka Google dan mencari dengan kata kunci "wireless charger". Kejutan! (terjemahan dari kata Surprise!) ternyata sudah ada yang mewujudkan ide tersebut menjadi sebuah produk bahkan sejak 2002 (mungkin lebih awal lagi). Selain itu Edison GE bahkan sudah membuat PowerDesk yang bersifat masal. Ada juga produk yang disebut SplashPower yang mirip dengan PowerDesk. Meskipun tidak persis seperti yang saya bayangkan waktu itu namun paling tidak khayalan saya sudah diwujudkan oleh para ilmuwan di balik produk-produk tersebut.

Sebenarnya ada lagi produk khayalan yang ingin saya lihat yaitu flash disk dengan konektifitas bluetooth. Flash disk cukup dikalungkan di leher dengan kode pemasang (pairing) yang sudah kita isi sebelumnya. Kita tidak perlu mencolokkan flash disk tersebut ke USB. Sudah adakah produk seperti ini?

1 comment:

Anonymous said...

maksudknya usb bluetooth disini bukan usb dongle kan??
sudah ada bluetooth storage kalo itu yang anda maksudkan, tapi memang teknologi baru tu, saya pernah baca di majalah chip malaysia, iklan tapi bukan artikel, sekalian mp3 player nirkabel dia (lagi-lagi harus pake headset bluetooth padahal setahu saya belum ada ya headset bluetooth yang stereo, kalo ada juga pasti mahal, gak sebanding harga sama kualitas), tapi rasanya usb flashdisk biasa juga sudah cukup untuk pemakaian normal, yang penting komputer yang dipake ada front panel nya. Masalahnya harga untuk barang baru tentunya tidak murah, apalagi kalo barang tadi itu sudah termasuk mp3 player, waaah, belum harga headset bluetoothnya, prrgh bukan untuk konsumsi umum tu.