Thursday, October 01, 2009

Linux Datang, Data pun Selamat

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Di antara teman-teman di kampus, saya termasuk orang yang dikenal suka mengutak-atik Linux kecil-kecilan. Bukan pakar tapi sekedar hobi untuk menyalurkan kesenangan. Kadang-kadang sebagian teman-teman juga terpengaruh untuk ikutan mencoba Linux. Dulu, sekitar akhir tahun 2002, saya lagi getol-getolnya mencoba Linux, beberapa teman juga ikut menginstal Linux pada komputernya secara dual boot. Meski sekarang tinggal satu teman yang masih doyan menggunakan Linux, minimal ada bekasnya.


Beberapa waktu lalu, ada seorang teman yang mengeluh karena kehilangan data di flashdisk-nya. Semua datanya tidak nampak namun ruangan (space) flashdisk-nya nampak terisi. Dugaannya terkena virus. Kebetulan antivirus yang kami gunakan tidak dapat mengatasi masalah itu. Yang punya flashdisk-nya resah karena data yang ada di situ penting dan diperlukan mendesak. Bertandanglah teman tersebut kepada saya untuk meminta bantuan.

Sebetulnya saya pernah menangani kasus serupa dari seorang mahasiswa saya yang harddisk-nya terkena virus sejenis. Waktu itu saya tangani dengan cara membersihkan virusnya dari Linux dan memunculkan kembali berkas-berkas yang disembunyikan virus tersebut. Dengan percaya diri, saya coba membantu teman saya tersebut. Kebetulan di notebook saya ada Linux (dual boot). Saya restart notebook saya, colokkan flashdisk dan mulai membersihkan berkas-berkas (files) yang mencurigakan. Setelah itu mengubah atribut berkas-berkas yang disembunyikan oleh virus. Hasilnya, data-data teman saya pun kembali muncul dilihat dari Windows-nya.

Ternyata memang Linux tidak hanya memberikan solusi bagi yang ingin menggunakan perangkat lunak secara bebas tanpa perlu bayar biaya lisensi. Data teman saya bisa selamat. Penghargaan setinggi-tingginya buat pembuat Linux, pengembang, dan semua rekan yang telah dengan pengorbanan waktu, tenaga, dan materi berkontribusi dalam pengembangan serta sosialisasi perangkat lunak Open Source. Semoga semakin tumbuh kesadaran menggunakan produk-produk Open Source dan bahkan ikut berperan serta dalam pengembangan maupun penyebarannya.

8 comments:

Unknown said...

Halo pak Rachmadi,salam kenal,tukar link boleh ga...
Link http://rachmadi.blogspot.com/

sudah saya pasang di blog saya
http://freeinternetmarketingtool.blogspot.com/
mohon link say dp i pasang di blog pak Rachmadi ,trimaksih...

rachmadi said...

Saya belum lihat link saya di blog Anda tapi saya sudah pasang link blog Anda.

Unknown said...

Nice article... See you at my site here Search Engine Secrets

rachmadi said...

Saya coba mampir ke http://www.teknik.net tapi tidak bisa terbuka. Maaf.

Hardiyanto Takula said...

Assalamu Alaikum Bang Rachmad...
Sy dah follow blog Abang, gpp kan?
Biar saya juga belajar lebih banyak dari Bang Racmad..
Sempatkan follow balik ke blog saya ya..?

http://pondasisukses.blogspot.com

Dibuat bagi orang2 yang ingin sukses..
Tks ya..?

Yayan said...

bang rahmat,critanya hampir sama sgn pengalaman sy.waktu itu hardisk sy mati,bunyi2 'krek-krek' ga jelas,ga bisa booting lewat windows.diinstal ulang windows jg ga bisa.

lalu sy coba2 lewat linux cd live,alhamdulillah data sy bisa diselamatkan.

mampir donk ke blog saya.

rachmadi said...

@Hardiyanto: Saya sudah follow blog Anda.
@Yayan: Saya sudah mampir juga ke blog-nya, terima kasih.

Tanri Alim said...

artikel yg bagus,
sesema linux user
klo ada wktu mampir k blog ane gan^^