Monday, November 28, 2011

Menjadwalkan Tweet dengan TweetDeck

Twitter merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Bahkan, Indonesia disebut-sebut sebagai bangsa twitter karena pengguna twitter Indonesia yang dominan di tingkat dunia. Boleh dibilang tiada hari tanpa twitter. Penggunaan twitter bukan hanya untuk aktivitas pergaulan pribadi semata. Banyak organisasi bisnis menggunakan twitter sebagai media promosi, mulai dari membentuk citra merek sampai menawarkan barang/jasanya. Para pelaku bisnis lepas (freelancer) juga tidak mau kalah. Mereka juga menggunakan media sosial ini sebagai salah satu cara mempromosikan bisnisnya.

Menggunakan twitter sebagai media promosi gampang-gampang susah. Ada banyak pertimbangan mulai dari konsep, isi, frekwensi, sampai dengan pengikut (follower) target tweet-nya. Penyampaian tweet kepada pengikut juga tidak boleh sembarangan. Frekwensi tweet harus dijaga supaya pengikut tidak merasa jengkel kebanjiran tweet. Menurut beberapa sumber, frekwensi tweet yang wajar adalah 3-5 tweet per jam.

Layanan penjadwal tweet

Jika Anda berminat menggunakan twitter sebagai media promosi, Anda bisa menggunakan layanan web seperti twuffer. Selain itu, Anda juga bisa memilih layanan social media dashboard seperti HootSuite.

Anda juga bisa memilih aplikasi desktop untuk mengelola twitter Anda. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk keperluan ini adalah TweetDeck. Aplikasi ini tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari desktop sampai aplikasi bergerak untuk ponsel cerdas maupun tablet. Berikut ini saya akan bahas secara singkat cara menjadwalkan tweet dengan menggunakan TweetDeck versi desktop.

TweetDeck versi desktop
Pertama-tama tentunya Anda harus menyiapkan akun twitter Anda. Setelah itu unduh aplikasinya secara gratis dari situs TweetDeck. JalankanAplikasi yang sudah Anda unduh dan instal pada komputer Anda. Lalu Anda  login dengan menggunakan akun twitter yang akan Anda gunakan. 

Anda bisa mulai menuliskan tweet yang akan Anda jadwalkan dengan mengetikkannya pada bidang yang sudah tersedia. Setelah itu klik tombol timer (tanda panah 1) dan set tanggal serta jam yang akan Anda jadwalkan untuk tweet tersebut dikirimkan (tanda panah 2) lalu tekan tombol set time. Lalu tekan tombol yang semula bertuliskan send namun sekarang sudah dilengkapi waktu pengiriman tweet.

Anda bisa menjadwalkan beberapa tweet sesuai dengan frekwensi dan interval yang Anda inginkan. Pengaturan jumlah tweet per jam tentunya perlu jadi pertimbangan mengingat bahwa pengikut akan merasa bosan bahkan jengkel jika melihat tweet Anda muncul beruntun dalam jumlah banyak dengan interval rapat pada timeline mereka.

3 comments:

elninoramadhan said...

bisa djdwl jg ya, baru tahu

rachmadi said...

Iya..lebih memudahkan kita mengirimkan tweet...

abdul azis said...

twiter bikin kpalaku pusing harus sana sini buka akun......kmaren samape2 paswoord fbku lupa gara2 sering ke twiter so aku buang aja twiterku.berkunjung ke blog aku juga yach......